Dong Mingzhu dan Gree Electric Appliance yang fenomenal.

dong-mingzhu-forbescom-0411222226d375fd8a23d1d13c72c61b

Mungkin nama Dong Mingzhu tidak seterkenal Steve Jobs atau Bill Gates. Tetapi, baru-baru ini majalah Forbes Tiongkok menobatkannya menjadi peringkat pertama dari 100 pengusaha wanita luar biasa di Tiongkok. Dengan dinobatkannya gelar tersebut, tentu kita sudah bisa memperkirakan seperti apa prestasi Dong.

Dong Mingzhu merupakan presiden dari Gree Electric Appliance, perusahaan AC terbesar di Tiongkok. Perusahaan ini mencetak keuntungan sekitar 82 milyar yuan di sembilan bulan pertama tahun 2016 dengan memperkerjakan lebih dari 70.000 karyawan hingga saat ini.

Siapakah Dong Mingzhu?

dong-ming-yibadacom-e2adf4ef9ab6bdf65313dada3e8f306a

Dong bukanlah seorang pemimpin yang menonjol dan banyak bicara. Wanita berusia 62 tahun ini berasal dari Nanjing dan bekerja menjadi sales di awal tahun 1990. Kepindahannya ke perusahaan yang berdiri di Guandong sejak tahun 2001 ini ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Di bawah kepemimpinan Dong, Gree Electric Appliance bertumbuh dari perusahaan kecil yang tak dikenal menjadi perusahaan raksasa penguasa pasar AC di Tiongkok.

Meski tidak mudah dan melewati jatuh-bangun membangun perusahaan, Dong membuktikan bahwa kerja keras gak akan mengingkari hasil.

Bukti kerja keras Dong Mingzhu: tidak pernah libur!

dong-mingzhu-reuters-ruben-sprich-60d94492405e0b6d81933fe90cdcaf28.jpg

Saat ditanya apa sih kunci kesuksesannya, Dong mengatakan bahwa ia tidak pernah libur atau memanfaatkan waktu cutinya sama sekali selama 26 tahun bekerja. Sekalipun di hari Minggu atau hari libur nasional dan keagamaan, Dong memilih untuk tetap bekerja.

Saking giatnya bekerja, Dong bahkan mengaku tidak pernah menghadiri kelulusan anak laki-laki satu satunya, semenjak TK hingga kuliah. Bahkan, Dong yang telah menjadi janda karena sang suami yang meninggal dunia di tahun 1984, tidak pernah berpikir untuk menikah lagi. Semua dedikasinya dipersembahkan untuk mengatur perusahaan.

Namun, Dong tetaplah seorang ibu.

dong-mingzhu-allchinatechcom-a6f85a37c36b832e4a745da735367035

Dengan kerja kerasnya, tanpa libur sehari pun dan menghabiskan hampir seluruh konsentrasi serta waktunya untuk mengelola Gree, Dong tetaplah seorang ibu. Pada media, Dong bercerita bahwa ia menyesal melewatkan waktu-waktu berharga dengan sang putra saat ia bertumbuh. Sebagai single mother, tentu ada alasan di balik kerja keras Dong dan pilihannya ini, yang tak seorang pun bisa menghakiminya.

“Untuk membuat dunia menjadi lebih baik, sebagian kecil orang memang harus berkorban,” ujar Dong yang ‘rela’ mengorbankan waktu, kehidupan pribadi, pertemanan dan keluarganya.

Memang tidak mudah dan tentu bagi sebagian orang, hal ini menyedihkan. Tetapi tiap orang punya pilihan bukan?

bandarq, domino99

Iklan